Home » Laporan » Mudahkan Permohonan Sengketa, Bawaslu Launching Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa

Mudahkan Permohonan Sengketa, Bawaslu Launching Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa

Bawaslu Kabupaten Sinjai – Sistem informasi Penyelesaian Sengketa (SIPS) merupakan aplikasi yang dirancang dan dibangun oleh Bawaslu dengan tujuan mempermudah para pemohon dalam hal pengajuan sengketa, sebab sebelumnya dalam Undang-undang, pemohon hanya diberikan waktu tiga hari untuk mengajukan sengketa setelah objek sengketa diketahui, oleh karena itu diluncurkanlah aplikasi SIPS yang dimana pemohon cukup mengajukan sengketa melalui sistem SIPS yang dapat diakses melalui jaringan internet, tidak perlu lagi mendatangi kantor bawaslu untuk mendaftarkan permohonan sengketanya.

Namun setelah mendaftarkan permohonan sengketa dan dinilai memenuhi syarat kemudian diverfikasi maka pihak pemohon tetap harus menyerahkan alat bukti yang berupa hardcopy kekantor Bawaslu.

Sementara itu dilansir dari bawaslu.go.id, Abhan selaku ketua Bawaslu Republik Indonesia menjelaskan, melalui SIPS ini, para pencari keadilan pemilu dapat mengetahui seluruh informasi yang berkaitan dengan tindak lanjut permohonan, mulai dari informasi status permohonan, jadwal sidang, hingga putusan.

Abhan menambahkan, SIPS memungkinkan untuk dilakukannya ‘monitoring’ secara ‘real time’ dan mudah untuk mengevaluasi seluruh proses penyelesaian sengketa yang dilakukan oleh Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota.

“SIPS ini diharapkan dapat mempermudah serta meningkatkan kualitas pelayanan Bawaslu dalam memproses setiap permohonan sengketa,” harap dia.

Acara launching SIPS ini dihadiri lengkap oleh seluruh pimpinan Bawaslu RI, yakni Rahmat Bagja, Ratna Dewi Pettalolo, Mochammad Afifuddin, dan Fritz Edward Siregar. Dari KPU, hadir Komisioner KPU Hasyim Asy’ari.

Adapun perwakilan perserta dari Bawaslu Kabupaten Sinjai, Saifuddin sebagai Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa mengharapkan SIPS ini memberikan kemudahan bagi pemohon, termohon untuk penyelesaian sengketa, dan juga membuka ruang kepada msyarakat agar dapat memantau setiap proses yang berlangsung.

Editor: Pablo
Fotografer: Bhakti Satrio Wicaksono

Komisioner


Sekretariat


Informasi Publik


Regulasi


Whistleblowing System


Helpdesk Keuangan


e-Announcement LHKPN