Home » Pencegahan » Tingkatkan Kualitas SDM, Bawaslu Adakan RDK Peliputan, Dokumentasi Dan Pengelolaan Media Informasi

Tingkatkan Kualitas SDM, Bawaslu Adakan RDK Peliputan, Dokumentasi Dan Pengelolaan Media Informasi

Media Informasi merupakan salah satu sarana penting yang baik digunakan dalam membangun kesadaran politik masyarakat. Bahkan media, merupakan salah satu pendukung kehidupan yang tidak bisa dilepaskan dari keseharian warga masyarakat, dalam berkomunikasi maupun menyampaikan berita ataupun informasi.

Oleh karena itu Bawaslu Kabupaten Sinjai yang merupakan bagian dari lembaga pemerintah yang bekerja bukan hanya mengawasi pemilu tetapi juga menjadi wadah yang memberikan pendidikan poilitik kepada masyarakat, diharapkan mafhun dengan hal pengelolaan media informasi. Untuk menunjang pengelolaan media informasi Bawaslu melaksanakan kegiatan peningkatan kualitas SDM dengan Rapat Dalam Kantor (RDK) tentang Peliputan, Dokumentasi dan Pengelolaan Media Informasi.

RDK tersebut turut mengundang Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Sinjai yang dihadiri oleh Pelaksana Tugas Kadis Kominfo dan Persandian Irwan Syuaib bersama jajarannya, juga dihadiri oleh Pimpinan Beserta Staf Bawaslu Kabupaten Sinjai, dalam kesempatan itu Irwan Syuaib mengatakan “Jadi media informasi yang dikelola Bawaslu tentunya harus berpedoman kepada Undang-undang tentang keterbukaan informasi publik, agar informasi yang diberikan benar-benar sesuai fakta. Informasi ini bisa melalui media cetak, elektronik dan sebagainya.”

“Kominfo selaku leading sektor dalam penyebaran informasi pemerintahan, pihaknya siap bekerjasama dengan bawaslu sinjai agar informasi yang ada dibawaslu dapat tersampaikan kemasyarakat, maka dengan ini kami dari Diskominfo memberikan berbagai informasi dan trik bagaimana informasi yang ada dibawaslu bisa efektif sampai dimasyarakat” terangnya.

Semoga kedepannya Bawaslu Kabupaten Sinjai dan Dinas Kominfo Sinjai dapat mengadakan kerjasama dalam hal pengelolaan informasi yang dimana segala hal yang dilaksanakan oleh bawaslu juga bisa disampaikan melalui radio, tv dan juga website milik pemerintah kabupaten sinjai yang dibawahi oleh Dinas Kominfo Sinjai.

Muhammad rusmin selaku Ketua Bawaslu Sinjai berharap kegiatan ini sebagai langkah awal kerjasama antara Bawaslu dan Dinas Kominfo, menurutnya jika nantinya Dinas Kominfo sinjai mengadakan pelatihan mengenai peliputan dan pengelolaan informas atau jurnalistik, pihak bawaslu dapat mengikutsertakan staf terkait untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan pemhaman tentang jurnalistik. “semoga dengan adanya kerjasama antara bawaslu dan dinas kominfo mempermudah bawaslu dalam melakukan sosialisasi kemasyarakat terkait dengan produk hukum Bawaslu maupun hal lain yang menjadi tanggung jawab bawaslu bisa berjalan dengan lancar”. Jelasnya.

Penulis : Ammar
Photo : Syamsir

Komisioner


Sekretariat


Informasi Publik


Regulasi


Whistleblowing System


Helpdesk Keuangan


e-Announcement LHKPN