Home » Pengawasan » Pentingya Keterbukaan Informasi, PPID Bawaslu Siap Dibentuk

Pentingya Keterbukaan Informasi, PPID Bawaslu Siap Dibentuk

Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Sinjai – Sebagai badan publik, Bawaslu yang bertugas mengawasi seluruh proses dan tahapan penyelenggaraan pemilu mempunyai kewajiban untuk menyediakan dan memberikan layanan informasi publik kepada masyarakat luas, kewajiban tersebut, merupakan amanah Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik.

Karena itu, Bawaslu juga wajib membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), sebagai upaya dalam membentuk PPID, Bawaslu Sinjai melakukan pertemuan Rapat Fasilitasi Pembentukan PPID bersama Dinas Komunikasi, Infromatika dan Persandian Kabupaten Sinjai. Pertemuan dilaksanakan guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai tugas dan fungsi PPID dalam Lembaga publik juga sekaligus sharing terkait langkah-langkah pembentukan PPID.

Dalam rapat tersebut Kepala Bidang Informasi dan Dokumentasi Kominfo Kabupaten Sinjai memberikan advice dan advokasi kepada Bawaslu Sinjai, dia mengatakan bahwa Bawaslu sinjai yang belum lama ini diamanahkan menjadi badan publik, sebagai Lembaga baru dan agar dapat melaksanakan tugas, fungsi, kewajiban, dan tanggung jawabnya, maka bawaslu sinjai perlu diberikan pengetahuan dan pemahanan mengenai implementasi aturan perudang-undangan mengenai Keterbukaan Informasi Publik, “Kewajiban badan publik bukan sekedar membentuk PPID, tetapi juga wajib membuat daftar informasi publik, membuat standard operasional prosedur, sarana dan prasarana, serta menyusun laporan pelayanan informasi publik,”. Tentunya ini sejalan dengan visi dan misi dinas kominfo terkait keterbukaan informasi publik. jelasnya.

Saifuddin, anggota bawaslu sinjai menjelaskan “dengan dibentuknya ppid, kedepannya masyarakat dapat leluasa mengakses informasi terkait dengan bawaslu, namun tidak semua informasi dapat diakses oleh masyarakat karena ada beberapa informasi yaang dikecualikan.

Sifuddin mengakui, Bawaslu mengalami kesulitan dalam pembentukan PPID, termasuk membuat mekanisme dan rencana kerja PPID, sehingga perlu mengundang pihak pejabat terkait dari dinas kominfo, Semoga dengan diadakannya pertemuan ini kinerja Bawaslu semakin baik, karena kinerja PPID merupakan bagian dari kinerja institusi, terutama dalam rangka transparansi informasi.

Komisioner


Sekretariat


Informasi Publik


Regulasi


Whistleblowing System


Helpdesk Keuangan


e-Announcement LHKPN