Home » Pencegahan » Hadapi Pilkada Serentak 2020, Bawaslu Akan Sempurnakan Siwaslu

Hadapi Pilkada Serentak 2020, Bawaslu Akan Sempurnakan Siwaslu

Ketua Bawaslu Abhan (tengah) saat memberikan pengarahan dalam Diskusi Evaluasi Penggunaan Sistem Pengawasan Pemilu (Siwaslu) di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (11/10/2019) malam/Foto: Hendi Purnawan

Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Sinjai – dilansir dari Bawaslu.go.id Ketua Bawaslu Abhan mengatakan, Bawaslu terus berupaya menyempurnakan Sistem Pengawasan Pemilu (Siwaslu) yang telah digunakan pada Pemilu 2019. Menurutnya, kehadiran Siwaslu sangat penting di tengah era digital yang mengutamakan kecepatan dan ketepatan penyebaran informasi terkait pemilu atau pilkada.

“Penggunaan Siwaslu masih banyak kekurangan. Perlu penyempurnaan agar bisa berguna dalam proses pengawasan maupun saat penghitungan dan rekapitulasi Pilkada Serentak 2020,” ucapnya dalam Diskusi Evaluasi Penggunaan Sistem Pengawasan Pemilu (Siwaslu) di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (11/10/2019) malam.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) ini berharap, Siwaslu semakin efektif dan akurat dalam menyajikan data hasil rekapitulasi suara. Karenanya, dia meminta perlu menyiapkan sarana dan prasarana dengan baik demi menyempurnakan Siwaslu yang sebentar lagi akan dipakai dalam mengawasi Pilkada Serentak 2020. Termasuk pula kesiapan pengawas di TPS.

“Jajaran (pengawas) Ad hoc merupakan tulang punggung Bawaslu dalam melakukan tugas pengawasan. Kinerja mereka sangat berpengaruh terhadap kelancaran tahapan pemilu maupun pilkada,” terangnya.

Kepala Bagian Teknis Pengawasan Pemilu Bawasalu Harimurti Wicaksana menjelaskan, diskusi yang dihadiri oleh 10 Bawaslu tingkat provinsi, tim asistensi, dan penggiat pemilu ini digelar untuk evaluasi penggunaan Siwaslu pada Pemilu 2019. Beberapa hal yang kurang bakal diperbaiki.

“Kita berupaya mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi pada pemilu 2019. Masukan dari peserta diskusi sangat penting,” tukasnya.

Editor: Ranap THS


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Komisioner


Sekretariat


Informasi Publik


Regulasi


Whistleblowing System


Helpdesk Keuangan


e-Announcement LHKPN